Pada tanggal 29 November 2023, SD Laboratorium UM Kota Malang menggelar pameran karya projek yang menampilkan hasil kreativitas dan inovasi para siswa grade 1,2,4, dan 5. Pameran ini menjadi momen yang menginspirasi dan membanggakan bagi seluruh komunitas sekolah.

Tema yang diusung oleh masing-masing grade sebagai berikut:

Grade 1 : Senang Hatiku, Sehat Jiwaku

Grade 2 : Mengenal dan Mencintai Budaya Bangsa Melalui Batik Jumputan

    

Grade 4 : Pesona Tarianku

   

Grade 5 : Mengolah Sampah, Mendulang Emas

     

 

Para siswa dari berbagai tingkatan kelas telah mempersiapkan tampilan dan karya mereka selama beberapa bulan terakhir. Grade 1 mempersiapkan tampilan senam, Grade 2 mempersiapkan karya batik jumput di media kaos, Grade 4 mempersiapkan tampilan tarian, dan Grade 5 mempersiapkan pengolahan limbah dari pemilahan sampah organik dan anorganik.

Pameran ini bukan hanya sekadar memamerkan hasil karya, tetapi juga menjadi ajang untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa dalam berbagi ide dan kreativitas mereka. Para siswa dengan antusias mempresentasikan karya-karya mereka kepada pengunjung pameran, termasuk orang tua, guru, dan siswa lainnya.

Kepala SD Laboratorium UM Kota Malang, Ibu Siti Nafi’ah, S.Pd menyampaikan “Pameran karya projek ini adalah wujud nyata dari pendidikan berbasis proyek yang mendorong siswa untuk belajar melalui pengalaman nyata dan kolaborasi. Ia juga menekankan pentingnya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para siswa atas usaha dan dedikasi mereka dalam menghasilkan karya-karya yang bermutu.”

Pameran karya projek di SD LaboratoriumUM tidak hanya menunjukkan kekreatifan siswa, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada proyek dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Semoga pameran ini dapat terus menginspirasi siswa untuk terus berkembang dan mengeksplorasi potensi kreatif mereka.